Ganjar Minta Warga Segera Evakuasi Diri Jika Kondisi Erupsi Merapi Memburuk


 Gunung Merapi mengalami erupsi sejak siang tadi. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengimbau warga segera mengevakuasi diri jika kondisi erupsi semakin parah.

"Kalau situasi meningkat, segera dievakuasi. Masyarakat di sana sudah sangat paham, maka segera mengevakuasi diri sesuai dengan SOP yang sudah ada, pakai maskernya, bawa barang berharga yang pernah dilatihkan kepada mereka. Segera evakuasi diri, ikuti seluruh perintah dari komando yang ada di lapangan," ujar Ganjar saat ditemui sebelum melepas Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Jakarta di Lanud Adi Soemarmo, dilansir detikJateng, Sabtu (11/3/2023).

Ganjar mengatakan telah memerintahkan pihak terkait untuk memantau terus progres erupsi ini. Dia yakin warga sekitar sudah terlatih dalam menghadapi erupsi ini.

"Sampai siang tadi mulai ada asap, terus kemudian batu-batu sudah mulai kelihatan. Saya sudah komunikasi sama beberapa kawan-kawan untuk mengecek," kata Ganjar.

Lebih lanjut, Ganjar juga menegaskan tim BPBD hingga relawan telah bersiaga di lokasi terdampak. Yakni mulai dari Kabupaten Magelang, Klaten, hingga Boyolali.

"Mudah-mudahan masyarakat, termasuk kawan-kawan di kades, relawan, di BPBD, SAR, dan semua yang ada di sana segera bisa turun membantu. Tempat pengungsian sudah ada sebenarnya, tinggal itu disiapkan saja karena sebenarnya masyarakat di sana relatif terlatih. Saya minta untuk kepala daerah yang ada di Kabupaten Magelang, Klaten, dan Boyolali untuk bisa membantu memimpin kondisi ini agar kemudian bisa mengarahkan warga yang ada di sana, termasuk logistik disiapkan semuanya," jelasnya.

Posting Komentar

0 Komentar