Berkat Kreativitas dan Inovasi di Jateng, Ganjar Raih Gelar Gubernur Punakawan

 

Eks Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mendapat gelar Gubernur Punakawan karena kreativitas, inovasi, semangat kewirausahaan, dan kepemimpinan yang ditunjukkan selama memimpin Jateng. Penghargaan tersebut diberikan oleh perusahaan konsultan pemasaran wilayah ASEAN, Markplus.

Punakawan berarti teman atau sahabat (pamong) yang sangat cerdik, dapat dipercaya, mempunyai pandangan yang luas, serta memiliki pengamatan yang tajam dan cermat. Ganjar dinilai sebagai sosok pemimpin yang mampu menawarkan solusi-solusi baru serta memiliki keberanian dalam mengambil risiko untuk kepentingan rakyat.

“Perubahan lingkungan global yang sangat luar biasa, hari ini begitu pentingnya sebagai motivasi untuk berinovasi. Manusia dipantik pikirannya untuk bisa beradaptasi dengan perubahan ini,” kata Ganjar, Jumat (22/09/2023).


Salah satu inovasi dan adaptasi yang dilakukan Ganjar adalah menurunkan angka kemiskinan dengan menggunakan dana non-APBD. Dia bersama Baznas Jateng menggerakkan zakat ASN sebagai dana alternatif.

Hasilnya positif, yakni menurunnya angka kemiskinan. Badan Pusat Statistik (BPS) Jateng menyebut penduduk miskin di Jateng menurun jadi 3,79 juta jiwa pada Maret 2023.

“Inovasi dan kreatif yang ada, kita menggerakan kekuatan masyarakat. Akhirnya penurunan angka kemiskinannya oke, tahun berjalan, anggaran sudah ada, mari berjalan,” ujar Ganjar.


Untuk itu, Ganjar juga menekankan pentingnya anak muda memiliki inovasi dalam menghadapi perubahan. Dikatakannya anak muda harus berani mengambil resiko sebagai langkah menuju kemajuan.

“Melihat besarnya bonus demografi saat ini jangan dijadikan ketakutan untuk anak muda, yang kreatif dan inovatif itu lah yang nantinya bisa mengejar dan memiliki rasa seperti kepunyaan sendiri,” kata Ganjar.

Selain Ganjar, Markpus juga memberikan penghargaan bertajuk Public Services of The Year tahun 2022 kepada 13 dinas pemerintahan di Jateng. Ganjar dinilai berhasil mendorong dinas-dinas terkait meningkatkan inovasi dan kreativitas.

Posting Komentar

0 Komentar