Ganjar Pranowo Pemimpin Tegas Pada Tindak Korupsi

 

Ganjar Pranowo merupakan sosok pemimpin yang tegas dalam upaya menindak jajarannya terkait dengan tindak pidana korupsi. Dirinya tidak berhenti menekankan pentingnya terus menjaga dan menjunjung tinggi pakta integritas demi terus memberikan pelayanan terbaik dan maksimal untuk masyarakat.

Ganjar Pranowo tidak henti-hentinya mengingatkan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng untuk terus menjaga integritas yang mereka miliki. Bagaimana tidak, pasalnya memang terkait dengan upaya untuk terus menjaga integritas ini menjadi sangat penting dilakukan lantaran sejauh ini sudah banyak sekali prestasi yang berhasil diraih oleh wilayah yang dipimpinnya tersebut, Sabtu (09/09/2023).


Berbagai macam prestasi yang mampu diraih oleh Pemprov Jateng, setidaknya dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir semenjak di era kepemimpinan pria yang juga menjadi Calon Presiden (Capres) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut juga tidak bisa dilepaskan dari hasil keseriusan para ASN sendiri dalam bekerja.

Sebanyak 552 pejabat yang dilantik dan diambil sumpahnya dalam Upacara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah / Janji Pejabat Pemimpin Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas dan Pejabat Fungsional di lingkungan Pemprov Jateng yang berlangsung di Gedung Gradhika Bhakti Praja pada hari Rabu tanggal 14 Juni 2023 lalu, Ganjar Pranowo memberikan beberapa pesan.

Salah satu pesan paling penting yang disampaikannya kepada para ASN yang dilantiknya tersebut adalah agar mereka konsisten pada pakta integritas yang telah diteken, utamanya adalah terus setia pada ideologi negara dan juga mampu terus berkomitmen dalam melayani masyarakat dengan sebaik mungkin, serta tidak melakukan tindak korupsi.

Ganjar sama sekali tidak akan bosan untuk terus mengingatkan kepada seluruh pihak, terlebih pada jajarannya di Pemprov Jawa Tengah untuk benar-benar menjunjung tinggi adanya pakta integritas karena memang menjadi bagian yang sangat penting.


Pada kesempatan lain, Ganjar juga menyerahkan sejumlah bantuan keuangan hingga sebesar 196,7 miliar Rupiah kepada pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Grobogan dan juga kepada berbagai kelompok masyarakat di berbagai sektor, seperti ekonomi, sosial, hingga kelautan dan juga perikanan dengan tujuan untuk semakin membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Bantuan tersebut akan disalurkan melalui sebanyak 12 dinas dan juga instansi di bawah Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, yang mana diantaranya adalah Biro Bangda, Dispermades, Disperakim, Dinas Porapar, Dinas ESDM, Dinas Sosial, Biro Kesra, Dinas LH dan Kehutanan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Disnakeswan, Bank Jateng hingga Badan Kesbangpol.

Ganjar berpesan kepada seluruh dinas terkait untuk benar-benar bisa menyalurkan seluruh bantuan tersebut dengan sebaik mungkin kepada masyarakat yang membutuhkan. Ganjar juga berpesan agar seluruh bantuan itu kualitasnya harus terus dijaga dan diawasi hingga sampai ke tangan masyarakat serta tidak boleh ada korupsi.


Sementara itu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberikan apresiasi yang tinggi kepada sosok Gubernur Jawa Tengah itu karena dinilai memang menjadi seorang pemimpin yang sangat tegas dalam memberikan instruksi kepada seluruh jajarannya di Pemprov, utamanya adalah terkait dengan pencegahan tindak korupsi.

Direktur Antikorupsi Badan Usaha, Aminudin menyebutkan bahwa Ganjar Pranowo merupakan satu-satunya kepala daerah yang sangat berani dan sangat tegas untuk menginstruksikan kepada seluruh jajarannya mengenai upaya pencegahan korupsi dan agar terus menjaga integritas.

Untuk itu, dibentuk pula Komite Advokasi Daerah (KAD) yang mampu menjadi wadah dialog dan juga diskusi antara para pelaku usaha dengan regulatornya dengan bertujuan untuk bisa membahas atau membicarakan berbagai isu, sekaligus juga mampu melakukan pencegahan terkait tindak pidana korupsi di sektor usaha.


Lebih lanjut, Ganjar juga dinilai sangat responsif dengan kesiapannya menandatangani SK Gubernur terkait pembentukan KAD di Jawa Tengah. Tentunya dengan keberadaan KAD tersebut maka diharapkan akan mampu membawa banyak perubahan yang jauh lebih baik lagi pada pembangunan dan mampu memberikan beragam manfaat untuk masyarakat di Jateng.

Menjadi sosok atau figur pemimpin yang sangat tegas pada tindak korupsi dengan terus mengupayakan agar seluruh jajarannya menjunjung tinggi pakta integritas untuk senantiasa memberikan pelayanan terbaik dan maksimal kepada masyarakat, Ganjar Pranowo memang merupakan pemimpin paling ideal untuk bangsa Indonesia ke depannya.

Posting Komentar

0 Komentar