Ganjar Pranowo Mencanangkan Penerapan EPR untuk Memperkuat Ekosistem Ekonomi Hijau


 Koordinator Sensus Sampah Plastik pada Badan Riset Urusan Sungai BRUIN M Kholid B optimistis isu-isu terkait pencemaran sampah plastik akan mengemuka pada Debat Cawapres pada Minggu (21/1).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar debat yang akan dihadiri tigas pasangan Capres-Cawapres, dengan mengusung  tema Energi, Sumber Daya Alam, Sumber Daya Manusia, Pajak Karbon, Lingkungan Hidup dan Agraria, serta Masyarakat Adat.

Optimisme itu sejalan  dengan Visi Misi pasangan Capres Ganjar Pranowo dan Cawapres Mahfud MD untuk mengatasi pencemaran sampah plastik di Indonesia.

“Isu pencemaran sampah plastik harus  menjadi  perhatian serius pemerintah dan produsen, serta memberikan edukasi kepada masyarakat,” kata Kholid dalam keterangannya, Rabu (17/1).


Ia mengatakan, BRUIN telah melakukan  Sensus Sampah Plastik pada  64 titik yang tersebar di 28 Kabupaten/Kota di 13 Provinsi. Kegiatan brand audit itu  berhasil mengumpulkan 25.733 sampah plastik, yang didominasi kemasan plastik (sachet).  

Di sisi lain, kata Kholid, Extended Producer Responsibility (EPR) atau Tanggung Jawab Produsen  menjadi isu penting dalam mewujudkan ekonomi hijau di Indonesia.

Disebutkan, EPR  adalah program yang bertujuan untuk mendorong  produsen bertanggung jawab atas dampak lingkungan dari produk  di seluruh rantai produk, dari mulai desain sampai  pembuangan produk oleh konsumen.

“Sangat penting untuk menjalankan ekonomi hijau. Dengan menjalankan EPR, produsen harus mengurangi dan mengumpulkan kembali sampah industri, mengakselerasi model pengelolaan sampah untuk energi (waste to energy),” jelas Kholid.


Perkuat Ekosistem

Sementara itu,  Capres Ganjar Pranowo dan Cawapres  Mahfud MD melalui Visi Misi-nya telah mencanangkan penerapan EPR untuk memperkuat  ekosistem ekonomi hijau.

Mengutip Visi Misi Ganjar-Mahfud, pasangan Nomor Urut 3 itu  bertekad untuk mewujudkan keberlanjutan lingkungan hidup  seiring meningkatnya kesejahteraan masyarakat. Sebab, ekonomi dan sosial harus berjalan beriringan.

Program  EPR, meliputi penerapan model ekonomi sirkular dengan merancang peta jalan pelaksanaan, mulai dari model produksi, model bisnis, model distribusi dan model pengelolaan limbah.


Kemudian, mengembangkan kebijakan ekologi industri yang menekankan pada aspek hulu-hilir melingkar (sirkular) dan keberlanjutan lingkungan hidup (sustainable) secara terpadu dengan memprioritaskan tanggung jawab produsen dalam proses produksi, distribusi, hingga konsumsi dengan menerapkan prinsip 5R (reuse, reduce, recycle, repair, dan refabricate).

Selain itu, dalam rangka  mewujudkan kesejahteraan masyarakat, Ganjar-Mahfud juga akan mempercepat program “Limbah Jadi Berkah.”  

Pengelolaan sampah dan limbah secara terintegrasi dan ramah lingkungan sehingga  dapat ditransformasi menjadi tambahan penghasilan bagi rakyat (waste to cash).

Diyakini bahwa apabila Ganjar-Mahfud terpilih untuk memimpin negeri ini pada Pilpres 2024, relasi antara pemerintah dan industri juga akan saling menguntungkan satu sama lain. 


Pemerintah menerapkan kebijakan insentif dan disinsentif ekonomi hijau seperti pajak karbon, pajak limbah, pajak deplesi sumber daya alam.

Kemudian sektor industri mendapatkan keringanan pajak jika memanfaatjan energi terbarukan dan konservasi energi.

Pengurangan pajak juga diberlakukan kepada industri untuk pemanfaatan bahan baku nabati biologis, serta pengurangan pajak dan reformasi subsidi energi untuk pemanfaatan teknologi bersih ramah lingkungan.

Posting Komentar

0 Komentar