Tegas Terhadap Kecurangan, Ganjar Imbau Masyarakat Laporkan Kecurangan PPDB

 

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo meminta kepada masyarakat yang mengalami atau menemukan kecurangan selama masa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) agar melapor. 

"Kalau ada yang seperti itu, segera laporkan kepada saya," ujarnya di Desa Wisata Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang, Jumat (14/7/2023) Kemarin. 

Sebelumnya modus kecurangan PPDB terjadi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Ombudsman DIY mengungkap adanya modus menumpang kartu keluarga (KK) jelang PPDB untuk bisa mendaftar di sekolah yang diinginkan. 


Sementara itu Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Jawa Tengah (Jateng) menerima 46 laporan soal dugaan maladministrasi penyelenggaraan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tingkat SMA/SMK. 

Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Jateng, Siti Farida mengatakan, saat ini 46 laporan tersebut telah diterima oleh tim yang terdiri dari beberapa kategori laporan.

"Pengaduan masyarakat yang diterima adalah terkait jalur zonasi, afirmasi, prestasi, maupun perpindahan tugas orangtua dalam penerimaan peserta didik baru SMA dan sederajat," katanya saat dikonfirmasi melalui WhatsApp.

Atas laporan tersebut, Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Jawa Tengah telah meminta penjelasan tertulis kepada Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah serta telah memperoleh keterangan resmi. "Sebagian besar laporan yang diterima ombudsman saat ini telah memperoleh penyelesaian dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah," imbuh dia, Minggu, (16/09/2023).

Posting Komentar

0 Komentar