Ganjar Ajak Buruh dan Pelaku Usaha Jaga Stabilitas Hubungan Industrial

 

Safari politik bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo ke Jawa Timur berlanjut kemarin (14/10). Dia menyapa perwakilan buruh dan manajemen di pabrik PT Maspion I, Sidoarjo. Dalam kunjungan tersebut, Ganjar berjanji akan menjaga hubungan industrial antara buruh dan pelaku usaha tetap kondusif.

Dia mengatakan, hubungan yang baik adalah fondasi untuk menciptakan iklim usaha yang apik. Apalagi di tengah kondisi global yang penuh ketidakpastian. Maka, hal itu penting untuk menjaga stabilitas dalam negeri.

"Apa tawaran ke buruh? Hubungan industrialnya bagus. Kalau bagus, harmonis, itu modal dasar. Tapi, kalau tiap hari tidak pernah cocok, kita akan menghadapi situasi yang tidak gampang karena dunia sedang tidak gampang," ujarnya di hadapan buruh dan direksi Maspion Group, Kamis (19/10/2023).


Di situasi seperti ini, seharusnya Indonesia bisa masuk lebih jauh dengan produk dalam negerinya. Celah itu terbuka ketika ada negara yang mengambil aksi blokir komoditas satu sama lain. Sehingga ada kesenjangan pasar yang terjadi.

"Di tengah situasi dunia seperti ini, momentum kita untuk mengembangkan industri dalam negeri. Sekarang ini. Hari ini. Jadi, kalau mau beli sesuatu kita bisa memproduksi, paksa (untuk membuat sendiri, Red)," terangnya.

Ke depan, lanjut Ganjar, ekonomi Indonesia bisa tumbuh melebihi prediksi minimal. Misalnya, 7 persen. Namun, hal itu tak cuma disokong oleh kondisi yang aman dan baik-baik saja. Ada pengaruh lain sebagai pendongkraknya. "Komoditas unggulan dan SDM yang hebat. Kalau SDM hebat dan bagus, maka produknya juga akan bagus. Buruh harus dilatih agar kualitasnya bagus," kata Ganjar.


Dalam kesempatan itu, Ganjar juga mengunjungi ruang produksi salah satu produk Maspion. Dia menilai Maspion bisa jadi contoh industri yang percaya dengan kemampuan lokal. Bahkan sudah menguasai pangsa pasar ekspor.

’’Kalau sudah industri dalam negeri, maka lokal kontennya makin banyak. Penting memikirkan insentif dan proteksinya, sehingga industri dalam negeri bisa hidup. Maka tadi saya anjurkan kalau produknya sudah ada, pemerintah ingin membantu rice cooker, ini ada produksi dalam negeri lho. Kalau ini masuk e-katalog, tinggal beli saja,’’ paparnya.

Presiden Direktur Maspion Group Alim Markus menyatakan, momen kedatangan Ganjar sudah dinanti olehnya. Banyak inspirasi dari sosok bakal capres itu. Momen keduanya bertemu dianggap sebagai kesempatan untuk bisa berdialog banyak.

"Kita harapkan, kan kita ketemu ini saya berkeyakinan Pak Ganjar bakalnya presiden RI. Ya kita tentu semuanya mendengarkan meratap dekat dengan Pak Ganjar. Jadi juga mendukung, oke," ucapnya saat menyapa Ganjar.


PDI Perjuangan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pemenangan Pileg dan Pilpres di Hotel Vasa, Surabaya, kemarin (14/10). Rakor itu dihadiri oleh bacaleg DPR serta puluhan kepala daerah dan wakil kepala daerah se-Jatim.


Posting Komentar

0 Komentar