Program Internet Gratis Mampu Mendukung Kegiatan Anak Muda Hingga UMKM

 

Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo ingin menghadirkan internet gratis berkualitas super cepat untuk anak sekolah. Hal itu disebut sebagai bagian dari komitmen Ganjar untuk mempercepat pembangunan nasional.

Hal itu dikatakan Ganjar saat berdiskusi bersama dengan para mahasiswa Balikpapan bertajuk 'Gratisin! Internet Super Cepat, Gratis dan Merata' di Novotel, Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (7/12/2023).

"Saya mau buat program, internet cepat, gratis, merata untuk anak sekolah," ujar Ganjar.


Menurut Ganjar, saat ini akses internet di Indonesia masih belum merata. Ganjar mengaku, melihat secara langsung usai mengelilingi wilayah Indonesia di masa kampanye.

Dengan apa yang sudah dilihatnya, Ganjar berkeinginan memulai program kualitas internet super cepat, gratis dan merata dari lembaga pendidikan yakni sekolahan. Mantan Gubernur Jawa Tengah itu mengatakan kualita internet yang baik dan merata dapat mendorong aktivitas siswa untuk semakin berkembang dan produktif.

"Sekarang internet gratis bagi sekolahan dan percepatan pembangunan infrastruktur termasuk kecepatan internet ini penting," kata Ganjar.

Lebih jauh, Ganjar menuturkan dengan internet super cepat, gratis dan merata, anak muda Indonesia dapat terus berkreasi dan berinovasi. Terlebih, kata dia, untuk bersaing di dunia digital.

"Industri kreatif tumbuh dan anak-anak bisa mendapatkan akses bagus untuk internetnya sehingga literasi digitalnya akan tambah bagus," tutur Ganjar.


Kendati begitu, Ganjar menekankan pentingnya pengawasan yang dilakukan terhadap program internet bagi para anak sekolah. Misalnya, lanjut Ganja, guru ataupun orang tua harus aktif mengawasi anak-anak yang mengakses internet ini.

"Agar jangan sampai malah disalahgunakan. Kemudian, tugas pemerintah yaitu memberikan fasilitas yang merata agar program tersebut bisa berjalan," katanya.

"Itu perlu dikawal orang tuanya, perlu dikawal oleh bapak-ibu, gurunya. Tugas pemerintah adalah fasilitasi itu, sehingga internet gratis untuk para pelajar ini mudah-mudahan akan bisa menambah percepatan kita, untuk bisa menambah pengetahuan yang dimiliki oleh anak-anak kita," lanjut Ganjar.


Posting Komentar

0 Komentar